Saturday, November 24, 2012

Proses Pengambilan Keputusan dalam Organisasi

       Pengambilan keputusan dalam suatu organisasi tidak boleh hanya dari satu pihak, melainkan sudah mendapat persetujuan oleh seluruh anggota organisasi misal melalui musyawarah ataupun voting.
       Sistem pengambilan keputusan dalam organisasi yang sering kita temui adalah kedua metode ini. Metode musyawarah bisa di gunakan jika jumlah anggota tidaklah terlalu banyak, tetapi jika jumlah anggota sudah mencapai ratusan, metode musyawarah tidaklah akan efektif karena tidak mungkin kita dapat mendengarkan seluruh saran dan masukan setiap anggotanya, maka dari itu sistem voting cocok di gunakan untuk wilayah yang luas dan juga cakupan jumlah yang banyak.

      Dalam proses pengambilan keputusan dalam suatu organisasi harus juga mematuhi kode etik untuk mengeluarkan pendapat, misalnya menghormati pendapat orang lain walaupun pendapatnya bersebrangan dengan pemikiran kita, dan memberikan kesempatan orang lain untuk berbicara. Saling menghormati dalam sebuah proses pengambilan keputusan adalah penting demi menghindari konflik dalam suatu organisasi

No comments:

Post a Comment